Artikel Pilihan

Diberdayakan oleh Blogger.

Artikel Pilihan

Artikel Pilihan

Desain Puskesmas Minimalis Modern

Updated pukul 03.54. . Untuk topik Puskesmas


Desain puskesmas minimalis modern yang memenuhi syarat kini menjadi target pembangunan pemerintah dalam mempersiapkan pusat layanan masyarakat yang tidak membutuhkan lahan yang luas serta nyaman untuk digunakan. Pembangunan berkonsep minimalis dibutuhkan karena selain bernilai ekonomis namun juga menciptakan suasana yang jauh lebih baik, serta untuk mengatasi semakin terbatasnya lahan yang ada karena pesatnya ledakan penduduk yang sedang terjadi. Puskesmas merupakan pusat kesehatan masyarakat  yang digalakkan pemerintah yang diharapkan bisa menyeluruh dan terjangkau oleh setiap lapisan masyarakat. Biasanya pembangunan sebuah puskesmas ditentukan oleh pemerintah dengan anggaran dana yang cukup terbatas, belum lagi lahan yang akan digunakan juga cukup luas agar bisa menampung pasien yang datang dari segala lapisan masyarakat.

Desain Puskesmas Minimalis Modern
Banyak masyarakat yang mengeluhkan puskesmas yang ada saat ini rata-rata memiliki bangunan yang kotor, sirkulasi udara yang tidak terlalu baik yang bahkan juga berbau tidak sedap. Karenanya pemerintah berusaha memperbaiki kondisi puskesmas yang ada, dan salah satunya mengubah konsepnya dengan minimalis. Desain puskesmas minimalis modern memiliki banyak keuntungan jika dibandingkan dengan konsep tradisional yang saat ini sering digunakan. Beberapa keuntungan yang bisa didapatkan yaitu
  • Ruangan yang ada terlihat lebih luas, karena adanya pemanfaatan ruang secara maksimal sehingga  tidak ada ruangan yang percuma, oleh karena itu penggunaan lahan menjadi lebih efektif 
  • Sirkulasi udara yang sehat karena memanfaatkan pemasangan jendela-jendela yang besar 
  • Penggunaan dinding yang tinggi, sehingga ruangan terlihat lebih lapang, rapi, bersih dan sehat
  • Tidak memerlukan terlalu banyak dekorasi, serta penggunaan material bisa ditekan

Desain Puskesmas Minimalis 2 Lantai Gambar Puskesmas Minimalis 2015
Berdasarkan keuntungan yang ada di atas, maka tidak salah jika konsep minimalis turut diaplikasikan ke pusat layanan masyarakat, seperti puskesmas di atas. Desain yang akan direncanakan haruslah dirancang secara matang dan teliti, agar tiap kesatuan pembangunan bisa berfungsi seperti yang direncanakan. Jangan lupa pembangunan ruang kerja juga memperhatikan kenyamanan serta kemudahan para pekerjanya agar tidak kesulitan pada saat menjalankan tugasnya.  Desain ruangan untuk utility yang ada juga berdasarkan standar yang sudah ditentukan sehingga pada saat pengoperasian puskesmas tidak akan mengalami banyak kendala. Maka akan sangat cocok jika desain puskesmas minimalis  di era modern di terapkan di Indonesia.

Bagikan ya ^_^

Facebook Google+ Twitter Digg
Diupdate oleh Blog tanggal Selasa, 11 November 2014, at 03.54 untuk topik Puskesmas dan alamat link https://rmhminimalisterbaru.blogspot.com/2014/11/desain-puskesmas-minimalis-modern.html. Jika ada pertanyaan mengenai artikel "Desain Puskesmas Minimalis Modern" tersebut, silahkan tinggalkan lewat form komentar di bawah.

Comments Facebook untuk #Desain Puskesmas Minimalis Modern#:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
"Desain Puskesmas Minimalis Modern"